Gunakan browser:


11/26/11

Apakah itu TQ, LQ, Sp-Q, AQ?

Apa Itu TQ, LQ, Sp-Q, AQ?

Saya mendapat pertanyaan dari promotor STIFIn di Bondowoso, Jawa Timur. Pertanyaan yang dilayangkan via email tersebut menanyakan 4 hal. Pertama, apa yang dimaksud personaliti tetap yang dapat diriset secara psikometrik? Kedua, perbedaanTQ (Technical Quotient) dengan LQ (Logical Quotient). Ketiga, tentang Sp-Q (Spatial Quotient), dan terakhir AQ (Altruist Quotient)?

Ini adalah jawaban yang saya sampaikan kepadanya, juga melalui email. Personaliti tetap atau personaliti genetik dimaksudkan sebagai personaliti yang tidak berubah sejak lahir sampai meninggal. Kesepuluh sifat yg disebut tersebut bisa diukur menggunakan riset psikologi dengan alat ukur psikometrik untuk membuktikan bahwa kesepuluh sifat tersebut memang ada pada setiap peserta tes sesuai tipenya.

Perbedaan Technical dengan Logical bahwa yg technical memerlukan logical yang lebih dalam, lebih khusus, dan mikroskopik (atau lebih teknis).  Sedang yang logical memerlukan logika-logika umum tetapi tetap memerlukan kecerdasan berhitung yang baik.

Spatial berarti ruang tiga dimensi, artinya kecerdasan yang meruang. Ia tidak lagi berpikir linear (seperti belajar aljabar) tetapi ia sudah memerlukan ilmu tiga dimensi (seperti belajar aritmetika).

Terakhir tentang Altruist, yang berarti kesediaan untuk berkorban demi menolong orang lain. Ia selalu menjadi orang yang pertama yang paling cepat bereaksi untuk menolong orang lain dan melupakan tentang dirinya, sementara jenis yang lain tetap mengutamakan kepentingan dirinya dan menolong orang lain itu urutan berikutnya.

Keterangan artikel:
Tulisan ini disarikan dari email Promotor STIFIn Bondowoso, Jawa Timur kepada Farid Poniman, Juni 2011

-------------
artikel terkait:
stifin batam
-------------

0 comments:

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | coupon codes